Header Ads Widget

Rotasi Jadwal, Strategi Murah Untuk Menghemat Jatah Transfer


Apa saja strategi yang Anda pakai ketika bermain Fantasy Premier League? Jawabannya tentu bermacam-macam. Kali ini, kami mencoba memberikan sebuah strategi bermain FPL yang sangat berguna, terutama menyangkut anggaran maupun jatah transfer yang terkadang terasa mencekik bagi para pemain permainan ini. Ya, seperti yang sudah tertera pada judul di atas, strategi yang akan kita bahas kali ini bernama strategi "Rotasi Jadwal".

Apa itu Strategi "Rotasi Jadwal"?

Bagi para pemain pro, strategi ini mungkin sudah sangat biasa. Namun bagi pemain awam seperti saya, strategi ini termasuk baru dan mencerahkan. Strategi "Rotasi Jadwal" tak ubahnya adalah merotasi 2 pemain pada posisi yang sama (boleh tidak sama namun akan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda), namun memiliki jadwal yang berkebalikan. Berkebalikan di sini bisa berarti tentang jadwal home-away maupun jadwal mudah-sulit.

Berikut saya berikan contoh mudahnya:
Nathan Ake (Bournemouth - £5.0) -- James Tomkins (Crystal Palace - £4.5)

Perhatikan dua nama di atas. Keduanya berposisi sama yakni seorang defender. Di beberapa gameweek awal, tepatnya gameweek 3 hingga 9, Bournemouth dan Crystal Palace memiliki jadwal home-away tak sulit yang kebetulan berseberangan. Di pekan ke-3, Bournemouth akan bermain di kandang sendiri menghadapi Everton, sedangkan Palace akan bertandang ke markas Watford. Dengan asumsi bahwa partai home dapat memberikan keuntungan, maka kita bisa menaruh Nathan Ake di starting line-up dan Tomkins di bench.

Memasuki pekan ke-4, Bournemouth akan bertandang ke Chelsea. Ini jelas partai yang sulit dan harapan poin kecil jika memasang Nathan Ake. Namun alih-alih menjual Ake, kita cukup menaruhnya di bench dan ganti memainkan Tomkins, yang di pekan keempat ini bermain di kandang sendiri (vs Southampton). Dari sini, strategi ini mulai menampakkan kegunaannya bukan? Benar, kita sudah menghemat 1 jatah transfer yang berharga dengan tetap menjaga starting line-up kita pada posisi yang cukup kuat. Di pekan ke-5, jadwal keduanya akan kembali berseberangan dan Anda dapat melakukan rotasi yang sama sekali lagi.

Untuk Pemain Mana Saja Strategi ini Dapat Dipakai?

Pada dasarnya, strategi "Rotasi Jadwal" ini diperuntukkan khusus untuk menyiasati pemakaian pemain berharga rendah alias low budget players. Anda dapat memilih pemain-pemain yang menjadi kiper ke-2 Anda, bek ke-5 Anda, midfielder ke-5 Anda, dan juga forward ke-3 Anda, agar keberadaannya tidak sia-sia duduk di bench terus menerus alias agar kita dapat memberdayakan kelima belas pemain kita.

Strategi ini jelas tidak cocok diterapkan untuk pemain berharga premium. Siapa yang mau mencadangkan nama-nama seperti Jamie Vardy, Leroy Sane, ataupun Sadio Mane? Andaipun nama-nama itu akan menghadapi partai berat, akan sia-sia rasanya jika kita menaruh mereka di bench. Oleh sebab itu, pemain dengan harga rendah sajalah yang rasanya cocok untuk strategi ini.

Selain pasangan Bournemouth-Palace yang berguna di beberapa gameweek awal, ada juga pasangan pemain Wolves-Leicester yang memiliki jadwal relatif tidak sulit setelah gameweek ke-5. Jika Anda tertarik dengan penggunaan strategi semacam ini, tugas Anda selanjutnya adalah menemukan pasangan 'mudah-sulit' lainnya versi Anda sendiri. Bisa? Selamat bermain! :)

sumber : FPL Tips, FPL Pundits

Post a Comment

0 Comments