Header Ads Widget

Kilas Balik 15 Partai Pembuka Inggris di Piala Dunia

Kilas Balik 15 Partai Pembuka Inggris di Piala Dunia

Di ajang Piala Eropa, Inggris memiliki data valid yang mengatakan bahwa mereka tak pernah bisa menang di pertandingan pembuka. Saking membekasnya fakta negatif ini, sampai-sampai ada beberapa media yang salah mengartikan bahwa Inggris 100% tak pernah bisa menang di laga pembuka turnamen mayor. Nasib yang sedikit berbeda diterima Inggris di Piala Dunia. Dengan kemenangan di laga pembuka Piala Dunia 2018 atas Tunisia, Inggris sukses mengobati dahaga para suporter setianya yang haus akan kemenangan.

Berikut adalah Kilas Balik 15 Partai Pembuka Inggris di Piala Dunia seperti yang kami kutip dari situs The Guardian.

1950 - Inggris 2-0 Chile
Piala Dunia pertama, kemenangan pertama. Ya, ternyata sejarah panjang Inggris di Piala Dunia diawali dengan kemenangan. Sayangnya, kemenangan ini menjadi satu-satunya kemenangan Inggris di Piala Dunia 1950 karena mereka kalah di dua partai berikutnya melawan Amerika Serikat dan Spanyol. Inggris harus angkat koper lebih awal.

1954 - Inggris 4-4 Belgia
Tak heran jika pertemuan Inggris vs Belgia di putaran grup Piala Dunia 2018 begitu ditunggu. Rupanya sejak dahulu kala partai ini selalu menjanjikan pertandingan sepakbola yang sarat gol. Tentu saja tak terkecuali partai pertama Inggris di Piala Dunia 1954 ini yang sepertinya masih menjadi skor terbesar diantara pertemuan kedua tim.

1958 - Inggris 2-2 Uni Soviet
Inggris hampir saja mengalami kekalahan perdana di partai pembuka Piala Dunia tatkala Uni Soviet berhasil unggul 2 gol sampai menit ke-65. Beruntung akhirnya Inggris berhasil mengejar defisit 2 gol melalui striker West Brom saat itu, Derek Kevan dan sebuah hadiah pinalti di penghujung laga yang berhasil diceploskan oleh Tom Finney.


1962 - Inggris 1-2 Hungaria
Akhirnya kekalahan di game pembuka terjadi juga. Hanya saja, kekalahan ini dinilai bukan sebuah aib karena Hungaria sendiri pada masa itu memanglah salah satu kiblat kekuatan sepakbola yang mengerikan.

1966 - Inggris 0-0 Uruguay
Berakhir dengan trofi juara "Jules Rimet" di akhir kompetisi, pertandingan pembuka Piala Dunia 1966 rupanya berjalan tak terlalu mulus bagi tuan rumah. Bahkan, konon para penonton mencemooh para pemain Inggris karena tampil membosankan selama pertandingan.

1970 - Inggris 1-0 Rumania
Ternyata, butuh waktu 20 tahun bagi Inggris untuk dapat merasakan kembali meraih kemenangan di laga perdananya di Piala Dunia. Striker legendaris Inggris, Geoff Hurst menjadi satu-satunya pencetak gol Inggris di laga ini.

Bryan Robson

1982 - Inggris 3-1 Perancis
Setelah Piala Dunia 1970, Inggris memasuki masa-masa sulit atau bisa juga dibilang sebagai dark era. Inggris gagal melaju ke putaran final Piala Dunia 1974 dan 1978. Bahkan mereka juga gagal melaju ke dua putaran final Piala Eropa di rentang waktu ini. Inggris kemudian bangkit di awal tahun '80-an dan hebatnya untuk partai perdana Piala Dunia 1982, Inggris berhasil memetik kemenangan dengan Bryan Robson mencetak gol tercepat ke-4 (atau ke-3 saat itu) di Piala Dunia dengan catatan 27 detik.

1986 - Inggris 0-1 Portugal 
Jika Anda termasuk orang yang was-was jika Inggris bertemu Portugal, Anda tidak salah. Ibarat nasib yang telah digariskan, sejak dulu rupanya Inggris selalu kesulitan menghadapi Portugal. Tak terkecuali pada Piala Dunia 1986, dimana mereka harus menelan kekalahan keduanya di game perdana Piala Dunia.

1990 - Inggris 1-1 Republik Irlandia
Inggris kembali gagal meraih kemenangan meski striker legendaris Gary Lineker berhasil membawa Inggris unggul sejak menik ke-9. Setelah pertandingan usai, Gary mengakui bahwa ia sebenarnya tak begitu fit saat itu dan merasakan sakit pada perutnya.

1998 - Inggris 2-0 Tunisia
Inggris mengawali era baru Piala Dunia (dengan 32 peserta) dengan kemenangan. Meski dibumbui tingkah suporter tuan rumah Perancis yang tidak menyenangkan, Alan Shearer dan Paul Scholes berhasil membawa Inggris menang di partai perdananya. Sayangnya seperti kita semua tahu, Inggris yang sebenarnya tampil sangat bagus saat itu harus pulang setelah insiden kartu merah David Beckham dan tersingkir oleh Argentina via adu pinalti.

2002 - Inggris 1-1 Swedia
Partai pembuka Inggris di Piala Dunia 2002 rupanya menghadapi tim dari tanah kelahiran pelatih mereka saat itu, Sven-Goran Eriksson. Kesalahan bek Danny Mills pada akhirnya mengacaukan keunggulan Inggris yang sebelumnya dibuat oleh Sol Campbell.


2006 - Inggris 1-0 Paraguay
Kemenangan di laga pembuka Inggris kali ini ibarat mendapatkan durian runtuh karena pemain lawan saat itu membuat gol bunuh diri. Perjalanan Inggris sendiri di kompetisi ini akhirnya harus dihentikan (lagi-lagi) oleh Portugal lewat adu pinalti (lagi!)


2010 - Inggris 1-1 Amerika Serikat
Inggris lagi-lagi membuat gol cepat di partai perdananya di Piala Dunia, kali ini oleh sang kapten Steven Gerrard di menit ke-4. Yang unik, saat itu gol Gerrard tidak terekam oleh layanan siaran High Definition (HD) - yang saat itu tengah gencar dipromosikan - karena sedang menyiarkan iklan. Sayangnya Inggris gagal menang setelah Clint Dempsey berhasil menyamakan skor berkat kesalahan kiper Robert Green.

2014 - Inggris 1-2 Italia
Kekalahan ketiga Inggris di pertandingan perdana Piala Dunia. Piala Dunia edisi ini juga rasanya menjadi salah satu edisi yang tak ingin diingat pendukung Inggris karena di pertandingan kedua, mereka kembali kalah oleh Uruguay dan harus pulang lebih cepat.


2018 - Inggris 2-1 Tunisia
Pelatih Gareth Southgate sukses membawa Inggris bermain dengan segar. Enam hingga 7 pemain Inggris berhasil masuk ke daerah pertahanan lawan secara kontinyu dan memberikan tekanan yang berbahaya. Sejauh yang saya ingat, Inggris cukup jarang bermain dengan metode seperti ini. Satu kecerobohan yang dilakukan Kyle Walker berbuah hadiah pinalti untuk Tunisia yang berhasil membuat kedudukan menjadi imbang. Beruntung, Harry Kane yang memang menjadi pemain Inggris paling produktif dalam beberapa tahun terakhir, sukses melesakkan gol keduanya di penghujung laga dan membawa Inggris menang untuk ke-6 kalinya di partai pembuka Piala Dunia.

Itulah Kilas Balik 15 Partai Pembuka Inggris di Piala Dunia. Dengan kemenangan atas Tunisia, Inggris kini memiliki rekor 6-6-3 di game pembuka Piala Dunia. Wah, ternyata tidak terlalu mengecewakan ya, bahkan termasuk lumayan. 😊

Post a Comment

0 Comments