Header Ads Widget

Teknik Tackling / Merebut Bola Pada Permainan Sepak Bola

Teknik Tackling / Merebut Bola Pada Permainan Sepak Bola. Dalam bermain sepak bola perlu anda ketahui bahwa ada beberapa teknik dasar permainan sepak bola yang wajib anda ketahui, teknik ini dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya adalah teknik menendang pada permainan sepak bola, teknik menahan bola, teknik menggiring,teknik heading / menyundul bola dan juga teknik tackling pada permainan sepak bola.

Semua teknik itu bisa anda kuasai dengan baik jika anda melakukan latihan rutin atau disiplin, bagaimanapun proses itu tidak singkat, perlu waktu dan kerja keras untuk latihannya. memang dalam olahraga hal terpenting adalah fisik, dengan kondisi fisik yang baik maka bisa dipastikan bahwa anda sudah cukup mumpuni untuk siap melatih diri anda ke berbagai teknik sepak bola yang lebih mahir,

Pada tema kali ini permainan sepak bola akan mencoba berbagi kepada anda semua yaitu teknik tackling / merebut bola pada permainan sepak bola, pada kondisi tertentu ketika berada dilapangan kita juga harus melakukan teknik tackling ini, karena dalam kondisi terdesak jika tidak kita antisipasi pasti gawang kita akan mudah kebobolan. maka dari itulah anda bisa pelajari bagaimana cara melakukan teknik tackling ini dengan benar.
teknik takcling / merebut bola pada permainan sepak bola

Teknik tackling permainan sepak bola


Melihat beberapa kondisi diatas kita akan bisa menyimpulkan, seberapa penting sih kita menguasai teknik merebut bola itu, agar kita tidak mudah di kecoh lawan. maka dari itulah silahkan dipahami lebih lanjut apa itu teknik tackling dan bagaimana cara melakukannya dengan benar.

Pengertian Teknik Tackling sepak bola 


Arti tackling / merampas bola Adalah merebut bola dari lawan menggunakan kaki dengan cara meluncur dan menjatuhkan badan. Sliding tackle termasuk tehnik yang beresiko. Jika dilakukan dengan cara dan timing yang tidak tepat maka bisa membuat cidera lawan dan bisa dikenai hukuman oleh wasit. Saat melakukan, pemain harus menekuk lutut sebagai penopang tubuh disaat pemain meluncur dengan bertumpu pada kaki itu. Saat kaki yang satunya memnyentuh bola, pindahkan berat badan ke kaki yang melakukan serobotan. Biasanya gerakan ini langsung bisa merebut bola. Jika gagal, coba lakukan secara rutin dan bertahap. Timing sangat penting dalam melakukan sliding tackle. Untuk itu perkirakan dengan cermat saat melakukannya.

Cara Melakukan Teknik Merebut Bola (Tackling)


Banyak cara yang dapat dilakukan untuk merebut bola dari kaki lawan. Akan tetapi, terdapat tiga cara yang paling umum digunakan, yaitu sebagai berikut.

a. Cara berhadapan (tanpa menjatuhkan diri)

Cara melakukannya sebagai berikut.
  • Pandangan mata kea rah bola.
  • Kaki tumpu berpijak kokoh pada tanah, lutut sedikit ditekuk
  • Kaki bagian dalam menghadang bola dengan keras dan mencoba meneruskan gerakan bola kearah gerakan sendiri.
  • Berat badan berada pada kaki depan.
  • Menghadang dapat dibantu dengan dorongan bahu
b. Cara Meluncur (Sliding Tackling)

Terdapat dua teknik meluncur (sliding tackling), yaitu sebagai berikut,

1) Sliding tackling dengan kaki bagian luar

Cara melakukannya sebagai berikut.
  • Dilakukan dengan sisi luar salah satu kaki
  • Kaki yang lain berada pada posisi di samping tubuh.
 2) Sliding tackling dengan kaki bagian dalam

Cara melakukannya sebagai berikut.
  • Sliding dilakukan dengan melipat kaki kanan.
  • Bola dijempit dengan sisi dalam kaki kiri, dan lutut ditekuk.
  • Kaki kanan dilipat di dibawah tubuh.
Nah itulah beberapa teknik tackling pada permainan sepak bola yang wajib anda pelajari untuk bisa menjadi pemain sepak bola yang handal, ok cukup sekian dulu ya,kita sambung dilain kesempatan, semoga membantu anda semuanya, selamat berlatih.

Post a Comment

0 Comments